BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Senin, 19 Juli 2010

COMPUTER NETWORKING

computer networking atau yang dalam bahasa indonesianya adalah jaringan komputer sudah tidak asing lagi dalam dunia IT. jaringan komputer sekarang berkemabang sangat pesat hal ini bisa dilihat dengan banyaknya tempat-tempat yang menggunakan wifi atau hotspot dan banyaknya provider-provider yang menawarkan layanan internet. dengan adanya jaringan kita dapat mudah melakukan komunikasi dengan baik dimana saja.
LAN (LOCAL AREA NETWORK)

terkenal dengan nama jaringan komputer lokal.ruang lingkup di dalam LAN ini tidak luas seperti: kampus,kantor,rumah sakit,dan rumah.karena penulis masih kuliah untuk lebih memahami mengenai konsep LAN sama dengan seperti mahasiswa yg setiap mahasiswa mempunyai npm(semacam nomer induk). nom itu di dalam jaringan sama dengan ip address (internet protocol address).ip address ini asalnya dari bilangan biner(1 dan 0)panjangnya 32 bit dibagi 4 ruang (w.x.y.z)jadinya setiap ruangan ada 8 bit. untuk lan menggunakan kelas C.3 ruang pertama(w.x.y) menjadi network identifier (penanda jaringan) dan ruang terakhir (z) menjadi host indetifier (penanda host).untuk daoat di akses keluar pasti harus melewati pagar dulu gak mungkin langsung loncat dalam networking disebut gateway.
alat-alat yang dibutuhkan dalam membuat LAN: Tang cramping,LAN tester,Kabel UTP,Connector RJ45,switch hub.
kabel UTP di susun sesuai dengan fungsinya.PC-PC menggunakan CROSS.PC-HUB menggunakan STRAIGHT.HUB-HUB mengunakan CROSS bisa juga pake STRAIGHT kalau HUB nya ada port uplink
tips 1:menghapal susunanan kabelnya STRAIGHT->OBHC.CROSS ->HBOC.
STRAIGHT -> OBHC
O -> PUTIH ORANGE-ORANGE
B -> PUTIH HIJAU-BIRU
H -> PUTIH BIRU-HIJAU
C -> PUTIH COKELAT-COKELAT
CROSS -> HBOC
H -> PUTIH HIJAU-HIJAU
B -> PUTIH ORANGE-BIRU
O -> PUTIH BIRU-ORANGE
C -> PUTIH COKELAT-COKELAT
Tips 2:rekomendasi tempat membeli barang-barang.harco mangga dua,glodok,JICC(kalau ada pameran suka banyak yg sale).lakukan tawar-menawar tetapi kalu di JICC gak bisa ditawar-menawar.
Tips 3:boleh aja dapat harga murah tapi jangan lupa lihat kualitasnya dan merk.biar awet.

WAN (WIDE AREA NETWORK)

wan mempunyai konsep seperti perumahan yang dapat berhubungan satu sama lain. WAN ini kalau dalam keluarga adalah ayah dan ibu dari LAN karena WAN kumpulan dari LAN. Router menjadi penghubung agar LAN bisa berhubung dengan baik.

0 komentar: